Advertiser 2
0
Selasa, 04 Mei 2010 Post By: Nie_azha

Apa ya kalimat itu..???

Kalimat adalah satuan bahasa terkecil yang mengungkapkan pikiran yang utuh, baik dengan cara lisan maupun tulisan. Dalam wujud lisan, kalimat diucapkan dengan suara naik turun dan keras lembut, disela jeda, dan diakhiri dengan intonasi akhir yang diikuti oleh kesenyapan yang mencegah terjadinya perpaduan ataupun asimilasi bunyi ataupun proses fonologis lain. Dalam wujud tulisan, kalimat dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik (.), tanda tanya (?), atau tanda seru (!); dan di dalamnya dapat disertakan tanda baca seperti koma (,), titik dua (:), pisah (-), dan spasi. Tanda titik, tanda tanya, dan tanda seru pada wujud tulisan sepadan dengan intonasi akhir pada wujud lisan sedangkan spasi yang mengikuti mereka melambangkan kesenyapan.
JENIS-JENIS KALIMAT di antaranya..
1. Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan suatu pekerjaan. Biasanya memiliki predikatnya berupa kata kerja berawalan me atau ber.
2. Kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya dikenai pekerjaan. Biasanya memiliki predikat berupa kata kerja berawalan di-.
3. Kalimat langsung adalah kalimat yang secara cermat menirukan ucapan Bagian kutipan dalam kalimat langsung dapat berupa kalimatorang. Biasanya ditandai dengan tanda petik tanya atau kalimat perintah.( “....” )
4. Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang menceritakan kembali ucapan Bagian kutipan pada kalimat langsung berubah menjadi orang lain. kalimat berita.
5. Kalimat berita adalah kalimat yang isinya memberitahukan sesuatu. Umumnya mendorong orang untuk memberikan tanggapan.
6. Kalimat perintah adalah kalimat yang bertujuan memberikan perintah Biasanya diakhiri dengan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu. tanda seru (!).



Copyright Reserved Apa Azha ada 2010.
Design by: Bingo | Blogger Templates by Blogger Template Place | supported by One-4-All