Advertiser 2
0
Rabu, 09 Februari 2011 Post By: Nie_azha

KODE ETIKA PROFESIONALISME DAN PRINSIP ETIKA

Di dalan suatu pekerjaan terdapat suatu Etika dan sifat Profesionalisme dalam melakukan suatu pekerjaan yagng kita miliki, dua kata ini berhubungan erat satu sama lain. Etika dapat diartikan sebagai sebuah sifat atau tindakan yang memiliki kesopanan, dan kewajaran, menghormati. sedangkan profesionalisme adalah ebuah sikap yang bertanggung jawab dan melaksanakan terhadap sesuatu yang telah diberikan atau ditugaskan dengan sungguh-sungguh.

Arti dari etika sendiri berbeda-beda, seperti yang dikutip dari wikipedia.com
” Bagi ahli falsafah, etika adalah ilmu atau kajian formal tentang moralitas. Moralitas adalah ha-hal yang menyangkut moral, dan moral adalah sistem tentang motivasi, perilaku dan perbuatan manusia yang dianggap baik atau buruk.”
“Bagi sosiolog, etika adalah adat, kebiasaan dan perilaku orang-orang dari lingkungan budaya tertentu. Bagi praktisi profesional termasuk dokter dan tenaga kesehatan lainnya etika berarti kewajiban dan tanggung jawab memenuhi harapan (ekspekatasi) profesi dan amsyarakat, serta bertindak dengan cara-cara yang profesional, etika adalah salah satu kaidah yang menjaga terjalinnya interaksi antara pemberi dan penerima jasa profesi secara wajar, jujur, adil, profesional dan terhormat.”
Ada dua macam etika secara umum yang harus kita pahami bersama dalam menentukan baik dan buruknya prilaku manusia :
1. ETIKA UMUM, berbicara mengenai kondisi-kondisi dasar bagaimana manusia bertindak secara etis, bagaimana manusia mengambil keputusan etis, teori-teori etika dan prinsip-prinsip moral dasar yang menjadi pegangan bagi manusia dalam bertindak serta tolak ukur dalam menilai baik atau buruknya suatu tindakan. Etika umum dapat di analogkan dengan ilmu pengetahuan, yang membahas mengenai pengertian umum dan teori-teori. Etika umum di bagi lagi menjadi 2 yaitu : Etika individual dan etika sosial.
2. ETIKA KHUSUS, merupakan penerapan prinsip-prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus. Penerapan ini bisa berwujud : Bagaimana saya mengambil keputusan dan bertindak dalam bidang kehidupan dan kegiatan khusus yang saya lakukan, yang didasari oleh cara, teori dan prinsip-prinsip moral dasar. Namun, penerapan itu dapat juga berwujud : Bagaimana saya menilai perilaku saya dan orang lain dalam bidang kegiatan dan kehidupan khusus yang dilatarbelakangi oleh kondisi yang memungkinkan manusia bertindak etis : cara bagaimana manusia mengambil suatu keputusan atau tidanakn, dan teori serta prinsip moral dasar yang ada dibaliknya.


Menurut wikipedia.com kode etik adalah tatanan etika yang disepakati oleh suatu kelompok masyarakat tertentu. bahwa kode etika sangat berkaitan penting dengan suatu profesionalisme dari suatu profesi yang di miliki oleh setiap orang yang mempunya pekerjaan di bidang nya masing-masing. etika memiliki nilai sendiri dalam seseorang untuk menilai orang lain. akan sangat percuma jika seseorang yang profesional dalam pekerjaannya tidak memiliki etika untuk menghormati orang lain karena hasil dari pekerjaan tersebut yang telah dikerjakan secara profesional akan hilang dengan sendirinya jika tidak ada yang menghormati orang tersebut.
Seorang profesional yang sejati tidak hanya memikirkan tentang jasil pekerjaannya, tapi juga bagaimana cara mereka dalam mempresentasikan hasil tersebut ke orang banyak dan mempertahankan image baik yang sudah melekat pada diri mereka. dengan mereka menghargai orang lain, maka orang lain akan lebih menghargai karya mereka.

Sumber :
http://tecnolovers.wordpress.com/2010/02/26/etika-profesi-dan-ciri-khas-profesi/
http://www.scribd.com/doc/14436829/Etika-Profesi



Copyright Reserved Apa Azha ada 2010.
Design by: Bingo | Blogger Templates by Blogger Template Place | supported by One-4-All