Advertiser 2
0
Selasa, 09 November 2010 Post By: Nie_azha

Arsitektur dan Servis Pada Telematika

Bahwa kita ketahui di zaman teknologi seperti ini kita sering mendengar istilah-istilah yang berkaitan dengan arsitektur komputer atau biasa yang di sebut dengan struktur desain komputer, contoh dari arsitektur komputer yaitu seperti sistem sirkuit, bios, dan sebagainya. Dalam arsitektur mempunyai tiga elemen utama yang sangat penting untuk menciptakan suatu informasi yang berguna bagi pengguna, di antaranya yaitu ;
1. Arsitektur Telekomunikasi dan Jaringan
2. Arsitektur Sistem Pemrosesan
3. Arsitektur Data
Dengan adanya kemajuan yang sangat pesat dalam bidang informasi dan teknologi informasi menawarkan sesuatu yang pada awal perkembangan komputer sangatlah mahal yaitu mini komputer, workstation dan personal komputer yang memiliki kemampuan setara mainframe dengan harga yang jauh lebih murah.Hal itu mendorong munculnya paradigma baru dalam pemrosesan data yaitu apa yang disebut Distributed Processing. menurut "http:\\id.wikipedia.org/wiki/Klien-server" Salah satu bentuk dari distributed processing adalah arsitektur client-server, dan arti dari klien-server atau client-server merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk kepada cara untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak yaitu pihak klien dan pihak server.Dalam model klien/server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah, tapi masih merupakan sebuah kesatuan yakni komponen klien dan komponen server. Komponen client juga sering disebut sebagai front-end, sementara komponen server disebut sebagai back-end. Sebuah contoh dari aplikasi client/server sederhana adalah aplikasi web yang didesain dengan menggunakan Active Server Pages atau PHP. Skrip PHP atau ASP akan dijalankan di dalam web server berupa Apache atau Internet Information Services, sementara skrip yang berjalan di pihak klien akan dijalankan oleh web browser pada komputer klien. Klien-server merupakan penyelesaian masalah pada software yang menggunakan database sehingga setiap komputer tidak perlu diinstall database, dengan metode klien-server database dapat diinstal pada suatu komputer sebagai server dan aplikasinya diinstal pada client.

Beberapa model arsitektur klien-server yaitu dapat berupa;
1. Arsitektur Mainframe
2. Arsitektur File Sharing
3. Arsitektur Client/Server
4. Model Two-tier
5. Model Three-tier
Pada servis telematika kita bisa melalui informasi, keamanan, context aware, dan event base. Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh dan terlihat nyata. Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.



Copyright Reserved Apa Azha ada 2010.
Design by: Bingo | Blogger Templates by Blogger Template Place | supported by One-4-All