Advertiser 2
0
Rabu, 28 April 2010 Post By: Nie_azha

Cara merawat EUPHORBIA

Jika anda mempunyai tanaman hias seperti Euphorbia. Kita dapat menggunakan cara-cara berikut di bawah ini :
1. Media Tanam:
Euphorbia suka media kering, dan porous (tidak mengikat air terlalu lama)
2. Jika ingin Euphorbia Anda sehat dan rajin berbunga adalah campuran serbuk kelapa (cocopeat), sekam bakar, sekam biasa, pasir kasar/ pasir malang dan pupuk kandang. Serbuk kelapa yang digunakan sebaiknya dipilih yang masih baru. Serbuk kelapa lama, biasanya banyak menyimpan air.
3. Bisa juga gunakan campuran pasir kasar/ malang, sekam biasa dan pupuk kandang.( media harus di bersihkan terlebih dahulu supaya tidak terkena bibit penyakiy)
4. serbuk kelapa dikukus selama 1-2 jam. Sedang pupuk kandang, sebaiknya yang sudah matang dan steril yang ditandai dengan warna hitam pekat. Hal ini untuk mencegah munculnya bakteri atau cendawan yang dapat merusak tanaman.
5. Jangan gunakan tanah merah atau tanah liat, karena daya ikat airnya cukup tinggi.
6. Jangan melakukan pemberian air berklebihan, bisa megakibatkan akar busuk. Akar busuk berwarna coklat, lembek seperti bubur bila dipegang. Dan Sebaliknya kalau penyiraman jarang dilakukan, tanaman terkena dehidrasi, kekurangan air.
7. Penyiraman dilakukan jika media terlihat kering. Tapi jangan percaya pada pandangan mata saja. Gunakan jari, untuk mengorek medianya sedalam 1-2 cm
8. Waktu penyiraman sebaiknya pagi hari, pukul 8.00-09.00 atau sore, pukul 15.00-16.00 Jangan menyiram pada saat siang atau sinar matahari terlalu terik.
9. Penyiraman dianggap cukup, kalau air sudah keluar dari lubang bawah pot.
10. Cabang-cabang yang tidak beraturan diopotong



Copyright Reserved Apa Azha ada 2010.
Design by: Bingo | Blogger Templates by Blogger Template Place | supported by One-4-All